Daftar Blog Saya

Rabu, 21 Desember 2011

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Setiap perubahan yang terjadi pasti ada hal yang menyebabkannya, karena tak mungkin ada asap kalau tidak ada api. Begitupula dengan perubahan sosial dalam masyarakat pasti ada faktor yang menjadi penyebabnya. Faktor penyebab perubahan sosial ada dua, yaitu faktor yang berasal dari dalam masyarakat dan faktor yang berasal dari luar masyarakat. Berikut penjelasan mengenai keduanya.
1.      Faktor yang Berasal dari Dalam Masyarakat(internal)
Ada beberapa  sebab perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat, antara lain:
a. Bertambah dan Berkurangnya Penduduk
Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk di suatu desa akan  menimbulkan perubahan di berbagai sektor kehidupan. Misal: Pertambahan penduduk yang sangat cepat di Pulau Jawa menyebabkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama lembaga-lembaga kemasyarakatan. Misal orang lantas mengenal hak milik individual atas tanah, sewa tanah, gadai tanah, bagi  hasil dan selanjutnya, yang sebelumnya tidak di kenal. Contoh lain adalah ketika penduduk suatu tempat terus bertambah akan mempengaruhi persediaan pangan di daerah tersebut.
b.Penemuan-penemuan Baru
Keinginan akan kualitas merupakan salah satu pendorong bagi terciptanya penemuan-penemuan baru. Keinginan untuk mempertinggi kualitas suatu karya merupakan pendorong untuk meneliti kemungkinan-kemungkinan ciptaan baru. Dengan adanya temuan-temuan baru bisa mengakibatkan timbul pnemuan-penemuan baru lainnya. Penemuan baru ini dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya perubahan. Misal: penemuan radio akan memancarkan pengaruhnya ke berbagai arah dan menyebabkan perubahan-perubahan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan dan adat istiadat.
c. Pertentangan (conflict) dalam Masyarakat
Konflik yang terjadi dalam masyarakat dapat mnjadi salah satu pemicu terjadinya dalam perubahan sosial dalam masyarakat tersebut. Misal: konflik kepentingan yang terjadi antara kaum pendatang dan kaum setempat, untuk mengatasinya pemerintah mengikutsertakan penduduk setempat untuk melaksanakan pembangunana bersama para transmigran
d.      Terjadinya Pemberontakan atas Revolusi
Terjadinya pemberontakan atau revolusi pada suatu negara mampu menimbulkan perubahan sosial yang cukup besar. Misal: revolusi di Rusia enyulut perubahan-perubahan besar di negara tersebut. Negara yang sebelumnya menganut  bentuk kerajaan absolut berubah menjadi diktator proletariat yang dilandaskan pada doktrin Marxis. Segenap lembaga masyarakat akhirnya mengalami perubahan karena hal itu.
2.      Faktor yang Berasal dari Luar Masyarakat(eksternal)
Ketika ada sebab yang berasal dari dalam masyarakat, maka ada sebab yang berasal dari luar masyarakat, yaitu antara lain:
a. Sebab-sebab yang Berasal dari Lingkungan Alam fisik yang Ada di Sekitar Manusia
Terjadinya bencana alam menyebabkan masyarakat yang mendiami daerah-daerah tersebut terpakasa harus meninggalkan daerahnya yang terkena bencana alam tersebut. Apabila masyarakat tersebut menempati tempat tinggal yang baru, maka mereka harus menyesuaikan diri dengan keadaan alam yang baru tersebut. Kemungkinan hal tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.
b.Peperangan
Peperangan dengan negara lain dapat pula menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan karena biasanya negara yang menang akan memaksa kebudayaannya pada negara yang kalah. Selain itu ketika terjadi peperangan akan timbul kemungkinan masuknya unsur budaya asing kedalam negara tersebut.

c. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
Hubungan yang di lakukan secara fisik antara dua masyarakat mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan pengaruh timbal balik. Artinya,masing-masing masyarakat mempengaruhi masyarakat lainnya,tetapi juga menerima pengaruh dari masyarakat lainnya, seperti akulturasi.
Di dalam pertemuan dua kebudayaan tidak selalu akan terjadi proses saling mempengaruhi. Kadangkala pertemuan dua kebudayaan yang seimbang akan saling menolak.
Contoh : Surakarta dan yogyakarta pertemuan kedua kebudayaan dengan pertentangan fisik kemudian dilanjutkan dengan pertentangan dalam segi-segi kehidupan lain. Corak pakaian, tari-tarian antara daerah yang satu dengan daerah yang lain berbeda padahal berasal dari sumber dan dasar yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar